Salam Sambut Siswa Pagi

Pentingkah menyambut siswa didepan sekolah pada pagi hari oleh guru ?
Jawabannya tentu :
Ya, menyambut siswa di depan sekolah pada pagi hari oleh guru sangat penting, dan memiliki dampak positif yang besar terhadap suasana belajar dan hubungan sosial di lingkungan sekolah. Berikut beberapa alasan dan manfaatnya:
1. Membangun Hubungan Emosional yang Positif
Guru yang menyapa siswa dengan senyuman dan sapaan hangat membantu menciptakan kedekatan emosional.
Ini memberi kesan bahwa setiap siswa dihargai dan diperhatikan sejak awal hari.
2. Meningkatkan Semangat Belajar
Sambutan positif di pagi hari dapat memperbaiki suasana hati siswa yang mungkin sedang kurang semangat atau bermasalah di rumah.
Membuat siswa merasa lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran.
3. Menanamkan Nilai Karakter dan Keteladanan
Melalui sikap sopan, ramah, dan disiplin saat menyambut, guru memberi contoh nyata kepada siswa tentang etika dan sikap positif.
4. Menumbuhkan Budaya Sekolah yang Humanis
Budaya menyapa menciptakan iklim sekolah yang inklusif, menyenangkan, dan ramah anak.
Membantu mengurangi kecenderungan perundungan atau sikap acuh tak acuh.
? 5. Kesempatan Deteksi Dini
Guru dapat mengamati kondisi siswa secara langsung, misalnya apakah siswa tampak sakit, murung, atau mengalami masalah tertentu.
Ini memungkinkan guru atau wali kelas memberi perhatian atau tindak lanjut yang cepat.
Contoh Praktik Sederhana:
Guru berdiri di pintu gerbang atau depan kelas menyambut siswa dengan senyum dan sapaan seperti:
“Selamat pagi, Adila! Semangat ya hari ini!”
“Wah, Reyhan rapi sekali hari ini. Ayo, semangat belajar!”
Atau dapat juga dengan menjawab salam siswa akan menambah kepercayaan dirinya, semangat bagi mereka.
Yuk,,,, sambut siswa di pagi hari ?
SDN 5 Bisa
Kesimpulan:
Menyambut siswa di pagi hari bukan hanya soal formalitas, tapi merupakan bagian dari pendidikan karakter dan iklim sekolah yang sehat. Praktik ini sederhana, tapi efeknya bisa sangat besar dan bertahan lama dalam membentuk generasi yang bahagia dan berdaya.