Inovasi AKRAB PKH Berkarya Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Siswa

SDN 5 Ratu Berkarya. AKRAB (Ayo Kita Rangsang Anak Baca dengan Puzzle PKH) merupakan inovasi kreatif dalam bidang literasi anak yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Inovasi ini memadukan aktivitas membaca dengan permainan edukatif berupa media game PKH(papan kartu huruf), yang dirancang khusus untuk merangsang daya pikir, ketekunan, dan imajinasi anak.


Melalui AKRAB, anak-anak diajak untuk menyusun potongan kartu huruf yang berisi potongan-potongan cerita, huruf/kata, atau gambar yang berkaitan dengan bacaan. Setelah Kartu Huruf tersusun, anak akan membaca isi cerita atau informasi yang muncul, lalu mendiskusikannya secara sederhana. Aktivitas ini tidak hanya mengasah kemampuan membaca, tetapi juga melatih logika, daya ingat, dan kerja sama tim.

Program AKRAB PKH menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan ramah anak, sehingga anak tidak merasa terbebani saat belajar membaca. Pendekatan ini juga mendukung pembelajaran tematik dan merangsang kecintaan anak terhadap buku sejak dini.

Tujuan Inovasi:

- Meningkatkan minat baca anak melalui pendekatan bermain.

- Merangsang kemampuan kognitif dan literasi secara simultan.

- Menjadikan proses belajar membaca lebih menyenangkan dan bermakna.

- Menciptakan lingkungan belajar yang akrab, interaktif, dan kreatif.

Keunggulan AKRAB:

- Menggunakan media papan kartu huruf(PKH) yang menarik dan edukatif.

- Mengintegrasikan unsur bermain dan belajar (edugame).

- Dapat diterapkan di berbagai tingkat usia dini dan awal sekolah dasar.

- Fleksibel dan dapat disesuaikan dengan tema pelajaran atau cerita lokal.

Tim inovasi Akrab PKH adalah Ibu Vitha Prihatini,Nur Niningsih Ismail, S.Pd dan Nuraini, S.Pd