HARI PERTAMA, IMPLEMENTASI P5

Senin, 06 Februari 2023. Hari ini merupakan hari pertama saya mengimplementasikan projek penguatan profil pelajar pancasila. Saya agak was – was, apakah model project yang saya susun sesuai dengan kebutuhan peserta didik atau tidak?. Setelah masuk dalam kelas, saya melihat bahwa kelasnya masih kotor, karena petugas piket hari ini datangnya terlambat. Oleh karena itu, sayapun memulai kegiatan tanpa menyalahkan petugas piket yang sudah ditentukan berdasarkan kesepakatan kelas.

Saya pun memulai kegiatan sebagaimana biasannya yaitu mengecek kesiapan peserta, dan mengkoordinasikan tempat duduk peserta didik. Kemudian, mengajak peserta didik untuk bergotong royong membersihkan kelas. Adapun yang saya lakukan dengan peserta didik adalah mengajak peserta didik untuk membuat rencana kegiatan yang praktis dengan melibatkan siapapun warga kelasnya.

Setelah kelas sudah bersih. Saya pun mengkoordinir peserta didik untuk kembalikan tempat duduknya dengan serapi mungkin sebagaimana pada awalnya. Alhasil dengan sigap para peserta didik menyelesaikannya.

Setelah peserta didik sudah siap, saya melanjutkan kegiatan dengan hipnoterapi penjernihan pikiran (STOP). Kemudian dilanjutkan dengan Ice Breaking Ayam Jago. Wow…! Suasananya riuh dengan teriakan hore dan tepuk tangan, dengan gerakkan meliuknya pinggul peserta didik mengikuti irama. Saya pun selaku fasilitator, motivasinya ikut terbakar dengan semangat para peserta didik.

Adapun bentuk kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila pada hari ini adalah sebagai berikut :

1.     Membuka kegiatan dengan salam dan do’a

2.     Mengajak peserta didik merapikan posisi tempat duduk dan membersihkan kelasnya secara bergotong royong

3.     Ice Breaking

4.     Pengenalan P5 dan Dimensi Profil Pelajara Pancasila

5.     Pengenalan Tema dan Judul P5

6.     Pengenalan Makanan khas Bima (Pahangaha Bunga, Koca/Kapore, Kahangga)

7.     Pembagian Kelompok (terdiri dari 7 Kelompok , tiap kelompok ada yang 5 orang dan 4 orang)

8.     Pemberian 2 Tugas : 1. Lembar Observasi Awal dan 2. Catatan rangkuman yang dipelajari

9.     Penutup

 

Seusai peserta didik pulang, saya melanjutkan refleksi mandiri. Menurut refleksi saya kelompok 1 Perlu bimbingan dalam menentukan posisi duduk kelompoknya. Satu Peserta yang  tidak hadir, ketika dijadikan pilihan kelompok tidak ada kelompok yang mau terimannya. Ini perlu disampaikan dilakukan teratment, mungkin berupa Perbaikan sikapnya, dan kegiatan hari ini berjalan sesuai rencana. Admin06