HARI PERTAMA, IMPLEMENTASI P5
Senin,
06 Februari 2023. Hari ini merupakan hari pertama saya mengimplementasikan
projek penguatan profil pelajar pancasila. Saya agak was – was, apakah model
project yang saya susun sesuai dengan kebutuhan peserta didik atau tidak?.
Setelah masuk dalam kelas, saya melihat bahwa kelasnya masih kotor, karena
petugas piket hari ini datangnya terlambat. Oleh karena itu, sayapun memulai
kegiatan tanpa menyalahkan petugas piket yang sudah ditentukan berdasarkan
kesepakatan kelas.
Saya
pun memulai kegiatan sebagaimana biasannya yaitu mengecek kesiapan peserta, dan
mengkoordinasikan tempat duduk peserta didik. Kemudian, mengajak peserta didik
untuk bergotong royong membersihkan kelas. Adapun yang saya lakukan dengan
peserta didik adalah mengajak peserta didik untuk membuat rencana kegiatan yang
praktis dengan melibatkan siapapun warga kelasnya.
Setelah
kelas sudah bersih. Saya pun mengkoordinir peserta didik untuk kembalikan
tempat duduknya dengan serapi mungkin sebagaimana pada awalnya. Alhasil dengan
sigap para peserta didik menyelesaikannya.
Setelah
peserta didik sudah siap, saya melanjutkan kegiatan dengan hipnoterapi
penjernihan pikiran (STOP). Kemudian dilanjutkan dengan Ice Breaking Ayam Jago.
Wow…! Suasananya riuh dengan teriakan hore dan tepuk tangan, dengan gerakkan
meliuknya pinggul peserta didik mengikuti irama. Saya pun selaku fasilitator,
motivasinya ikut terbakar dengan semangat para peserta didik.
Adapun
bentuk kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila pada hari ini adalah
sebagai berikut :
1. Membuka kegiatan
dengan salam dan do’a
2. Mengajak peserta
didik merapikan posisi tempat duduk dan membersihkan kelasnya secara bergotong
royong
3. Ice Breaking
4. Pengenalan P5 dan
Dimensi Profil Pelajara Pancasila
5. Pengenalan Tema dan
Judul P5
6. Pengenalan Makanan
khas Bima (Pahangaha Bunga, Koca/Kapore, Kahangga)
7. Pembagian Kelompok
(terdiri dari 7 Kelompok , tiap kelompok ada yang 5 orang dan 4 orang)
8. Pemberian 2 Tugas :
1. Lembar Observasi Awal dan 2. Catatan rangkuman yang dipelajari
9. Penutup
Seusai
peserta didik pulang, saya melanjutkan refleksi mandiri. Menurut refleksi saya kelompok
1 Perlu bimbingan dalam menentukan posisi duduk kelompoknya. Satu Peserta yang tidak hadir, ketika dijadikan pilihan kelompok
tidak ada kelompok yang mau terimannya. Ini perlu disampaikan dilakukan
teratment, mungkin berupa Perbaikan sikapnya, dan kegiatan hari ini berjalan
sesuai rencana. Admin06